Tips Memilih Perabot Untuk Rumah Minimalis

Pilah Pilih  Perabot Minimalis

Rumah modern minimalis menjadi tren di dunia arsitektur saat ini. Hal ini disebabkan oleh tingginya harga lahan yang memungkin pembangunan rumah menjadi sesederhana mungkin. Selain itu didukung juga dengan gaya hidup pemilik yang ingin serba cepat, praktis dan bersih.

Interior rumah minimalis menjadi lahan eksplorasi desain yang menarik dan menantang. Mengapa menantang? Karena diperlukan ide yang luar biasa untuk menciptakan suasana yang hangat pada bangunan minimalis yang cenderung kaku, yang mana suasana tersebut dapat diperoleh dari pemilihan tema dan furniture interior yang tetap mengutamakan fungsi dan kepraktisan seperti furniture di meubelmart.com

teak folding chair
source : meubelindo.com

Memiliki rumah dengan model modern minimalis memberikan kita beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan rumah bergaya lain dari segi interiornya. Keuntungan memiliki rumah modern minimalis tersebut salah satunya adalah lebih bersih.

Rumah minimalis memudahkan kita untuk membersihkan seluruh bagian penjuru rumah dalam waktu yang cenderung lebih singkat Hal ini dikarenakan umumnya rumah jenis ini adalah rumah yang lapang dengan jumlah perabot dan aksesori ruang yang tidak terlalu banyak.

Begitu pun dengan model furniture dan aksesoris yang lebih sederhana. Selain itu, keuntungan lainnya adalah mengurangi stress. Dengan jumlah perabot dan aksesoris yang minimal, pandangan visual pemilik rumah juga akan lebih luas. Tidak ada tumpukan barang maupun foto-foto di sudut rumah membuat pikiran lebih lapang bukan?

Dari penjelasan mengenai keuntungan rumah modern minimalis tersebut, maka sederet ciri dari interior minimalis secara garis besar antara lain jumalah perabot yang minimal, tampilan ruang yang cenderung bersih, aksen dekorasi yang tidak terlalu banyak dan yang terakhir kualitas yang lebih dominan daripada kuantitas.

Bagi Anda yang memiliki rumah modern minimalis dan masih bingung untuk menentukan perabot apa yang tepat untuk interior anda, beberapa tips berikut ini dapat dijadikan pertimbangan.

 

Kesesuaian konsep interior dengan furnitur

Furniture untuk konsep rumah minimalis merupakan furniture yang mengutamakan fungsi, dengan tampilan lebih sederhana namun tetap berkelas dan elegan.

Kata kuncinya adalah perabot simple. Bagaimanakah perabot yang simple itu? Perabot yang tidak memiliki banyak ornamen pada tampilannya. Bersih dan cenderung fungsional. Seperti misalnya, meja sederhana yang berwarna putih glossy, yang apabila top table kita tarik ke atas (flip up), ternyata ada ruang untuk menyimpan di bagian bawah top table tersebut.

 

Baltimore extend table meubelindo.com

 

Bahan, bentuk, warna dan tekstur furnitur

Dari segi bahan, bahan berbeda dapat menimbulkan kesan yang berbeda. Untuk menimbulkan kesan yang lebih hangat dalam rumah minimalis yang kaku, perabot dengan bahan dasar kayu seperti salah satu produk utama meubelmart.com dapat menjadi pilihan utama, karena perabot kayu atau finishing kayu dapat menjadi penyeimbang agar tidak terasa terlalu kaku.

 

white dining table
meubelmart.com

Namun untuk kesan yang lebih futuristik, perabot dengan bahan kombinasi stainless steel; aluminium dan kaca dapat dijadikan solusi karena perawatannya juga lebih mudah.

Untuk bentuk perabot, usahakan yang sesederhana mungkin dengan garis lengkung yang sedikit. Tak perlu banyak tempelan ornamen dan minimalkan ukiran motif bunga maupun motif geometri. Jika ingin perabot berukir, usahakan memilih perabot yang berbahan besi agar kesan modern minimalis didapat.

Warna yang digunakan pada umumnya warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu atau rangkaian monokrom dari warna tersebut. Sehingga dominan material stainless, kaca maupun aluminium sangat terlihat.

Untuk warna yang mencolok, umumnya hanya digunakan sebagai aksen dengan 1 atau 2 warna berbeda. Untuk warna coklat, dominasi kayu dengan finishing natural dapat menghiasi interior minimalis.

Tekstur dan motif pada perabot minimalis hampir tidak ada, jikalau ada pun motif dan tekstur tersebut tidak terlalu terlihat atau mendominasi.

Tips untuk memilih tekstur yang dapat diaplikasikan pada perabot atau bantal duduk ruang minimalis Anda adalah tekstur dari material microfiber. Material ini merupakan material yang lembut dan nyaman, cocok digunakan untuk furniture minimalis.

 

Perbandingan luas ruangan dan ukuran furniture

Dalam memilih perabot, perbandingan luas ruangan dan ukuran juga harus diperhatikan. Untuk ruangan sempit, jangan menggunakan furniture yang terlalu besar agar ruangan tidak terlalu penuh. Penggunaan kaca dalam ruangan merupakan alternatif jika Anda sudah terlanjur memiliki perabot besar untuk ruang yang tidak terlalu lebar.

Faktor eksternal yang mempengaruhi furniture

Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi pemilihan furniture adalah suhu dan kelembaban  ruang. Untuk ruang bersuhu panas, sebaiknya menggunakan perabot dengan dominasi material dingin, seperti besi atau marmer.

Sebaliknya untuk ruang bersuhu panas, dapat menggunakan perabot yang hangat, seperti dominasi kayu atau kain. Kelembaban juga berpengaruh terhadap pemilihan perabot. Jika ruang Anda lembab dan ingin memilih perabot dominan kayu, usahakan agar perabot tersebut sudah diberi lapisan finishing agar tidak menyebabkan rusaknya permukaan kayu sehingga penggunaan perabot kayu dapat bertahan lebih lama.

Selain pertimbangan detail perabot di atas, terdapat beberapa ornamen dan aksesori ruang yang amat sangat jarang dipakai. Di antaranya gorden, list gypsum plafon, taplak meja dan lampu gantung.

Gorden  jarang sekali digunakan, kalaupun ada gorden tersebut polos tidak bermotif dan tidak memiliki rumbai ataupun pita, begitu pula dengan taplak meja.

Sedangkan lampu gantung juga jarang digunakan, karena lampu gantung identik dengan konsep klasik. Sebagai gantinya digunakan stand lamp yang biasanya diletakkan di dekat sofa.

Jadi, tidak perlu bingung memilih perabot dan aneka mebel yang cocok untuk padanan rumah minimalis anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *